Belajar Apa Sih di Ilmu Komunikasi UGM?

Di posting sebelumnya gua udah cerita bagaimana perjalanan panjaaaaaaaang banget dari SNMPTN dan tes tes tertulis tetek bengek lainnya, sampai akhirnya gua keterima di Ilmu Komunikasi UGM. Sekarang gua udah hampir setengah perjalanan di semester 2, dan mau kasih sekedar info buat kalian yang mungkin tertarik Ilmu Komunikasi, khususnya di UGM. Jadi Ilmu Komunikasi itu apa sih?

Jujur aja, apa yang pertama kali kepikiran pas denger Ilmu Komunikasi? Belajar ngomong? Pinter pidato? Jadi Customer Service yang layanin keluhan konsumen? Atau apa?wkwkwk. Dulu gua awalnya mikir prospek kerja Ilmu Komunikasi itu ya semacam jadi CS gitu, ga jauh dari telepon, haha. Tapi aslinya Ilmu Komunikasi jauh dari pikiran sempit diatas, jauh lebih luas banget!

Jadi kalo menurut gua, menurut gua loh ya, bukan menurut ahli, Ilmu Komunikasi itu kita belajar tentang proses komunikasi dan mempelajari bagaimana membuat komunikasi yang efektif serta menganalisis fenomena komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, terutama komunikasi massa. Hal ini juga bakal sesuai sama teori nya Lasswell (Siapa dia? Entar kalo jadi anak komunikasi pasti tau) tentang apa itu komunikasi : "Who says what to whom in which channel with what effect". Nah dari situ kita bisa analisis apa aja yang dipelajari, atau istilah kasarnya objeknya ilmu komunikasi itu apa.
  • Who : kita pelajari subjek komunikasi, yang pasti manusia lah, tapi di Pengantar Ilmu Komunikasi kita juga belajar kalo hal lain seperti hewan, tumbuhan, dan benda mati juga bisa punya proses komunikasi.
  • Says What : ini terkait sama pesan. Pesan itu ya apa yang disampaikan saat berkomunikasi. Kita belajar apakah suatu pesan itu efektif atau engga.
  • To Whom : Berkaitan dengan objek pesan. Biasanya dan terutama ya manusia juga sih
  • In Which Channel : Di sini kita belajar media apa aja dalam komunikasi, bisa udara, telepon genggam, surat, televisi, radio, jaringan internet, dll.
  • With What Effect : Setiap komunikasi harus punya efek dari pesan yang disampaikan. Nah disini kita belajar efek dari suatu pesan, apakah kalo kita menyampaikan pesan ke orang lain, mereka akan marah, senang, gusar, atau setuju, dll.
Kalo mau ditelaah lebih jauh, sebenernya belajar Ilmu Komunikasi itu ya belajar Komunikasi Massa, yang pake media, dan untuk tujuan umum, kaya ke televisi, penyiaran, kehumasan, jurnalistik, iklan. Kita belajar juga mengenai komunikasi yang antar pribadi atau komunikasi kelompok dan ranah komunikasi lainnya, tapi ya paling cuma untuk 1 matakuliah aja, sisanya fokus ke komunikasi massa.

Di UGM, Ilmu Komunikasi masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jadi tentu aja pas semester awal pasti dapet matakuliah yang berkaitan ilmu sosial dan politik. Ilmu sosial dan politik ini sebenernya kalo menurut gua jauh juga dari fokusnya Ilmu Komunikasi, tapi tenang, di Fisipol UGM matakuliah kaya gitu udah terspesialisasi kok. Jadi kamu cuma bakal belajar Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sesuai konteks komunikasi aja. Hal ini berlaku juga buat jurusan lain di Fisipol, (ini istilahnya matakuliah wajib fakultas) akan disesuaikan dengan konteks masing-masing jurusan. Matakuliah wajib fakultas ini antara lain Pengantar Ilmu Politik, Ilmu Sosial Dasar, Sejarah Sosial Politik Indonesia, Sistem Sosial Politik Indonesia dan Penulisan Akademik.

Selain itu, sebagai anak UGM, kita juga dapet matakuliah wajib universitas. Mata kuliah itu antara lain Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia/Dasar-Dasar Penulisan, Agama. Semua matakuliah itu ada di bawah naungan Fakultas Filsafat. Jadi semua anak UGM, dari fakultas manapun, kalo belajar matakuliah wajib universitas,belajarnya ke Fakultas Filsafat.

Sisa dari matakuliah wajib fakultas dan wajib universitas udah matakuliah komunikasi semua. Di semester pertama dan kedua kita masih belajar secara umum aja Ilmu Komunikasi itu gimana. Contoh matakuliahnya Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Publik, Komunikasi Antar Manusia, Komunikasi Massa, Teori Komunikasi, Sistem Komunikasi. Baru nanti  semester 3 akan ada peminatan (penjurusan lagi), jadi ada jurusan lagi di dalam jurusan Ilmu Komunikasi. Kalo di Ilmu Komunikasi UGM, nanti semester 3 akan dibagi lagi menjadi 4 peminatan, yaitu : Periklanan, Kehumasan, Media Entertainmen, dan Jurnalistik. Tapi emang biasanya Ilmu Komunikasi itu di univ lain juga di jurusin lagi kok, kaya di UI kalo gasalah dibagi 5 peminatan, dan baru semester 4 peminatannya.

  • Kehumasan : Kalian akan belajar tentang seluk beluk Humas sebagai jembatan antara organisasi dengan masyarakat luar
  • Periklanan : fokus bagaimana menarik emosi dan persuasi ke masyarakat untuk tertarik ke produk yang ditawarkan
  • Jurnalistik : bahas dunia jurnalis kaya koran, pemberitaan dll
  • Media Entertainmen : dunia entertainmen, termasuk penyiaran, kaya TV dan Radio

Bersyukurlah kurikulum Ilmu Komunikasi yang baru, kurikulum 2016, sudah ga kaku lagi. Jadi ini bener bener flexibel. Kamu bisa milih matakuliah sesuai yang kamu mau buat peminatan ini. Penjelasan detail mengenai matakuliah nanti kamu tau kalo udah join Ilmu Komunikasi. Tapi intinya kamu ga harus cuma saklek pilih salah satu aja, misalnya harus Humas aja sampe lulus. Gak, gak gitu, kamu bisa mix, misalnya selama semester 3 ke atas kamu mau belajar Humas dan Media, ya boleh aja, kamu bisa pilih matakuliah yang berkaitan dengan kedua peminatan itu, bebas. Kamu juga bisa ga major dibidang manapun, jadi kaya ambil semua matakuliah dari keempat peminatan. Tapi biasanya kita diarahkan untuk memilih major dan minor dalam peminatan. Misalnya kamu mau major di Humas, dan minor di Media entertainment, nah kamu bakal ngambil matakuliah lebih banyak di bidang Humas, baru sebagai pelengkapnya kamu belajar matakuliah Entertainment dalam jumlah sks yang lebih sedikit dari Humas.

Sebenernya peminatan ini ga bakal ketulis kok (katanya) di ijazah nanti. Nanti cuma ketulis sampe Ilmu Komunikasi aja, ga detail sampe peminatannya. Dan sebenernya kita juga bakal belajar dasar-dasar dari setiap peminatan itu. Jadi walaupun kamu ga ngambil jurnalistik sebagai major ataupun minor, ya kamu bakal tetep tau dasar-dasar jurnalisme.

Oh ya, di UGM itu nanti Ilmu Komunikasi kalo lulus gelarnya S.I.P loh. Sarjana Ilmu Politik. Kok politik? Kan ya dibawah fakultas ilmu sosial dan ilmu politik hehe. Katanya sih dulu ya karena ilmu komunikasi itu, terutama komunikasi massa berkaitan erat sama politik, gitu, jadi alat politik. Tapi kalo kaya di UI, kamu bakal dapet gelar S. Sos, Sarjana Ilmu Sosial, sama aja, ya karena dibawah FISIP. Beda kalo di Unpad yang udah jadi fakultas sendiri, Fakultas Ilmu Komunikasi, nah mereka yang lulus dari situ gelarnya S. I. Kom, Sarjana Ilmu Komunikasi. Tapi tenang aja gelar ga ngaruh segitunya kok, walaupun ga dapet gelar S.I.Kom, nyatanya banyak juga lulusan komunikasi UGM dan UI yang sukses kan hehe. Lagipula kata dosen kan di Ijazah tetep ada tulisan Ilmu Komunikasinya :)


Comments

  1. kak berarti klo mau jalur undangan ke ugm jurusan komunikasi ga bisa klo anak ipa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku belom pernah ada statement dari UGM kalo anak IPA bisa ngambil jurusan sosial melalui jalur undangan, tapi mungkin bisa aja sekarang berubah

      Delete
  2. Wah, komunikasi UGM!
    Jurusan yang mampu menggoda hati saya untuk meninggalkan ranah IPA.
    Doakan semoga tahun 2018 bisa jadi adik tingkat. Heheh.

    Akhir akhir ini, pikiran saya tersita untuk UN, US, dsb dan blm menyentuh materi ips lagi :( mungkin kakak ada solusi? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku juga dari IPA kok, dan di jurusan ku emang banyak juga yang dari IPA hehe. Saran ku justru kamu jangan terlalu fokus ke UN, US, dsb. Targetin kamu lulus UN US aja, jangan targetin nilai bagus. Karena kalo kamu IPA hampir pasti cuma bisa masuk dari SBMPTN atau ga Utul, jadi mesti belajar banget materi IPS nya. Good luck!

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Saya sekarang jadi mahasiswa ISI hehe. Mau kabur dari seni kan ya . kira2 achievable ga ya ngambil ilmu komunikasi? Oh ya, kalo mas tahu, di UGM bisa lulus 3,5 tahun atau kurang? Karna di ISI sistem tdk bisa lulus cepat. Nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, sebenernya masih bisa align ke komunikasi, terutama kalo kamu di ISI ambilnya DKV. Karena di komunikasi juga banyak design terutama berkaitan periklanan dan marketing. Kalo di UGM minimal 7 semester lulusnya, hehe, sama sama

      Delete
  4. Kak dlu masuk Ilkom UGM lewat jalur apa?

    ReplyDelete
  5. Kak, aku dari jurusan Bahasa dan Budaya. Kan pilihannya kalo ga saintek ya soshum. Otomatis ke soshum dong ya? Jadi pas SBM kita diwajibkan belajar materi soshum dong? Sama itu, kalo SNM aku masih bisa ambil IlKom kan? Dengan rapot ku yang dari jurusan bahasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk info seperti itu bisa cari tahu lebih lanjut ya. Cuma kalo dulu pas 2016 setauku anak bahasa kalo mau sbmptn memang masuk ke soshum, dan iya kamu harus belajar soshum. Kalo untuk undangan tergantung kebijakan masing-masing kampus, namun dulu aku taunya kalo UI anak bahasa cuma bisa ambil FIB untuk SNMPTN, tapi kalo SBMPTN bebas kok pilihannya

      Delete
  6. Kak, Sem1-2 ada Praktikum ga kak ? kalau ada praktikumnya gimana ya kak ? Menurut yang kakak lihat atau sepengetahuan kakak kebanyakan lulusan Ilmu Komunikasi UGM prospek kerjanya dibidang apa ya kak ? Sorry banyak tanya hehe saya mahasiswa yang berniat ngambil jurusan Ilmu Komunikasi UGM tahun ini . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, gapapa kok haha aku seneng malah ada yang antusias buat masuk komunikasi. Kalo semester 1 ada praktikum public speaking, kaya pidato TED Talks atau presenter di studio hijau gitu. Terus nanti semester 2 paling penelitian aja sih berkelompok. So far praktikum komunikasi ga susah kaya jurusan IPA kokk. Kalo prospek komunikasi itu banyak banget, bisa kerja di media, jadi jurnalis, jadi PR di berbagai perusahaan, biro iklan, dan masih banyak lagi

      Delete
    2. Kak, ada info tentang jadwal utul ugm tahun ini gak kak ? di websitenya tertulis bulan maret keluar jadwalnya tapi sampai sekarang belum keluar mana tau kakak tau gitu kira kira bulannya mei atau juni kak makasih

      Delete
    3. Halo, udah keluar kok jadwalnya, sila cek ke sini yaa http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxNzAxMTEwI0phZHdhbCBTZWxla3NpIzEjUHJvZ3JhbSBTYXJqYW5h

      Delete
    4. Halo sila cek http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxNzAxMTEwI0phZHdhbCBTZWxla3NpIzEjUHJvZ3JhbSBTYXJqYW5h yaaa

      Delete
  7. Hallo, kak Anandhio ? atau boleh saya panggil apa kak hehe.. Kak, saya tertarik sekali dengan Ilmu Komunikasi, karena dari awal saya rasa udah punya basic di bidang ini (walau ya masih sedikit), mungkin mau tanya saja nih kak, kalau punya prestasi tapi di bidang olahraga kira-kira bisa membantu(pengaruh) engga ya kalau untuk masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi ini ? Alhamdulillah soalnya saya diberi kesempatan ikut SNMPTN kak. Atau mungkin kalau melalui SBMPTN (selain jalur prestasi) Mohon infonya kak, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, karena aku bukan dari SNMPTN aku kurang tau untuk pastinya sih hehe. Tapi temenku ada yang melalui prestasi seni kok masuk komunikasi, harusnya olahraga juga bisa ya

      Delete
    2. hehe, okedeh kak makasih banyak informasinya ya dan minta doa yang terbaik kak (y).

      Delete
  8. Holla kak! Mau nanya² nih karena di grup inten jatim gaada alumni menyapa dari UGM yg jurusan ilkom. Kalo boleh tau ini sbm thn pertama/kedua? Test sbm di kota mana? Ngerjain berapa soal, tpa berapa tkd berapa? Passing grade kakak berapa, memenuhi target nggak? Berapa passing grade TO terakhir pas intensif di inten? Danke~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya kak sekalian. Pas ngerjain sbm tips n tricknya apa? Dan lebih fokus ke tpa/tkd?

      Delete
    2. Halo, aku SBMPTN di tahun aku lulus SMA, kalo untuk hasil tes nya berapa aku gatau sama sekali, karena aku pulang ga bawa soalnya, jadi it is still mistery ya. Kalo terakhir TO itu aku 61%
      Tips and trick nya mungkin lebih ke kontrol diri aja, jangan tegang, karena kalo tegang entar buyar fokusnya. Aku fokus ke mata pelajaran yang aku paling bisa aja, sisanya minimal ngerjain 1 nomor di tiap mata pelajaran

      Delete
    3. TOnya tinggal 2 lagi kak!)))); dan passing grade aku masih blm nembus takud bgt omg((("-:
      btw thx uda bagi tips and tricknya

      Delete
  9. So far aku ikut bbrp kali TO blm tembus komunikasi ugm :( pdhl sbm tinggal sebentar lagi hhhhh jd agak minder milih komunikasi:"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, tetep percaya diri aja hehe, jangan lupa usaha dan berdoa. See you in komunikasi UGM :)

      Delete
  10. saya mahasiswi D3Jurnalistik apa bisa lanjut ke Ilmu Komunikasi dengan peminatan Jurnalistik?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts