Masa Intensif SBMPTN di Prosus INTEN

Seperti yang udah gua janjikan sebelumnya, pada post kali ini gua akan bahas mengenai proses belajar selama masa intensif. Beruhubung lagi masa liburan kuliah jadi sampe lupa post di blog, hehe sorry ya jarak postingnya jadi jauh banget.

Setelah libur UN, tepatnya tanggal 18 April 2016 dimulai deh tuh masa intensif. Di hari pertama cuma dikasih pengarahan aja, belom belajar efektif. Jadi pagi itu pukul setengah 8 kalo ga salah, semua murid dikumpulin di aula bawah. Pak Romi selaku kepala Inten Harapan Indah dan beberapa guru lainnya ngasih penjelasan mengenai bagaimana proses belajar selama masa intensif itu. Yang pasti bedaaaa banget. Yang bikin kagetnya kita masuk pukul 7 PAGI SAMPE SETENGAH 7 MALAM! Dengdengdeng awalnya pasti ngerasa beban, tapi lama lama bisa aja hahah.

Agenda selama masa Intensif

Dari aula itu kita juga suruh cek papan pengumuman. Disitu udah tersedia nama kita dan dibagi menjadi kelas kelas yang beda dari kelas pas masa reguler. Setiap kelas kurang lebih isinya 10 sampai 15 orang. Dan dari setiap kelas itu akan dibagi kelompok untuk diskusi, kelompok ini permanen selama masa intensif, setiap kelompok berisi sekitar 5 orang, dan dipilih juga satu orang buat jadi ketuanya, ketua kelompok ini yang bertugas ngumpulin tugas tugas pas diskusi selama masa intensif.

Berhubung biasanya SIMAK UI dan UTUL UGM itu tanggalnya selalu bersamaan, maka ga mungkin kan seseorang ngikutin dua-duanya, pasti milih salah satu. Nah atas dasar itu juga pembagian kelas. Karena nanti selama masa intensif ga cuma belajar SBMPTN aja tapi juga diselingi soal-soal SIMAK ataupun UTUL, tergantung kelasnya. Jadi akan ada kelas IPA-UI 1, IPA-UI 2 dst, IPS-UI 1, IPS-UI 2 dst, begitu juga untuk yang memilih ikut UTUL akan ada kelas IPA-UGM 1, IPA-UGM 2 dan juga IPS-UGM 1 dst.

Untuk hari pertama itu aja sih, sama paling dikasih buku soal untuk masa intensif. Gak lama, paling sekitar jam 10an udah pulang. Nah besoknya ini baru menegangkan wkwk

Penjelasan detail konsep belajar selama masa Intensif

Jadi gini konsepnya selama masa intensif di INTEN itu dibagi jadi 3 periode. Periode pertama itu KBM kelas, periode kedua itu DISKUSI, dan periode ketiga itu TAMBAHAN. Nah yang TAMBAHAN itu ga mutlak ada, tergantung ketersediaan guru dan kebutuhan murid. Jadi kalo misalnya pas ga ada kelas TAMBAHAN, kita bisa pulang sekitar jam 3, tapi kalo ngikutin kelas Tambahan bisa pulang setengah 5 atau setengah 7, tergantung jumlah kelas, kalo ngikutin 1 kelas tambahan ya berarti jam setengah 5, kalo 2 kelas ya setengah 7.

Pembagian Sesi belajar untuk kelas Intensif

Karena banyaknya kelas, jadwal nya itu ga barengan. Jadi satu periode itu terdiri dari 2 mata pelajaran, setiap mata pelajaran 1,5 jam, istirahat antar mapel 15 menit, dan istirahat antar periode 30 menit-1jam. Jadi kalo periode pertama mulainya jam 7 kurang lebih  selesai jam setengah 11. Nah begitu seterusnya. Seperti yang gua bilang karena keterbatasan ruang kelas dan guru, jadwalnya ga sama. Ada kelas yang dapet jadwal periode pertamanya DISKUSI, dan baru di periode kedua dapet KBM KELAS, ada juga yang dapet KBM KELAS dulu baru DISKUSI. Kalo Tambahan udah pasti sore. Kebetulan gua dapet kelas yang KBM KELAS dulu baru DISKUSI di periode kedua.

Contoh KUIS/TES MANDIRI
Sekarang gua bakal jelasin kaya apa sih KBM KELAS itu, DISKUSI itu dan TAMBAHAN. Biar gampang paham gua kasih contoh pake mata pelajaran. Misal hari Senin itu pelajarannya Geografi & Sejarah, terus hari Selasa itu Ekonomi & Bahasa Inggris.

Jadi hari Senin pagi jam 7 gua bakal masuk ke kelas buat pelajaran Geografi. Selama di kelas itu kita bakal bahas 1 paket soal Geografi dari buku Intensif nya Inten. Buat info tambahan, selama masa intensif itu kita udah ga belajar lagi, jadi kita full ngerjain dan ngebahas soal aja, itu juga alasan gua saranin kalo yang mau pindah dari IPA ke IPS lebih baik sejak Januari, jangan pas Intensif. Setelah bahas 1 paket soal, tiap siswa bakal ngerjain KUIS, sama kaya pas masa reguler, buat menguji kemampuan pribadi setelah bahas soal bersama di kelas. Jumlah soal KUIS biasanya 10-15, dan skor kuis biasanya bakal dipajang di papan pengumuman besok harinya. Setelah KUIS kita bakal dikasih 1 lembar fotokopian lagi buat tugas di rumah, modelnya kaya KUIS tapi tentu saja soalnya beda. Tugas Rumah atau PR ini dikumpulkan buat besok harinya.

Setelah itu istirahat sebentar baru masuk kelas lagi buat pelajaran Sejarah. Proses di kelas sama aja kaya pas pelajaran Geografi. Nah setelah selesai pelajaran Sejarah, dikasih waktu istirahat. Setelah istirahat kita masuk di periode yang kedua, yaitu DISKUSI.

SOAL TO SIMAK SOSHUM
Kan seperti yang udah gua bilang, tiap kelas itu udah dibagi kelompok buat DISKUSI yang kurang lebih 5 orang. Nah tujuan dari DISKUSI ini buat bahas soal untuk mata pelajaran besok. Karena tadi gua kasih contoh mata pelajaran hari Selasa itu Ekonomi dan Bahasa Inggris, maka pas hari Senin ini DISKUSI nya adalah paket soal Ekonomi dan Bahasa Inggris di Buku Intensif. Jadi emang kita disuruh buat bahas soal bareng, kerjain semua soal sebisanya, kalo ada yang ga bisa baru tanya guru besoknya. Jadi pada saat KBM KELAS itu kita ga bengong aja, tapi udah nyambung karena kita udah bahas soal itu sebelumnya. Jadi tujuan KBM KELAS itu buat mengoreksi bener apa engga jawaban kita pas DISKUSI di hari sebelumnya, sama buat nanya-nanya kalo ada soal yang belum ngerti.
SOAL TO SIMAK TKD

Di periode ketiga ada namanya TAMBAHAN. Kelas TAMABAHAN ini ga mutlak ada. Jadi gini misalnya di kelas gua rata-rata kurang bisa di pelajaran Sosiologi, nah dari INTEN nya bakal kasih kelas TAMABAHAN Sosiologi buat kelas gua. Jadi itu tergantung keadaan dan kebutuhan kelas. Metode belajar saat TAMABAHAN sama aja kaya KBM KELAS. Jadi tujuan kelas TAMBAHAN itu ya cuma buat pemantapan aja istilahnya.

Kurang lebih selama 1,5 bulan kehidupan masa intensif ya kaya gitu haha. Dan itu dijalankan selama 6 hari setiap Minggunya. Just info, kalo di Inten Harapan Indah, Hari Sabtu itu ga ada kelas TAMBAHAN, sengaja biar bisa punya waktu luang buat keluarga atau kalo mau hang out pas malam minggu, jadi gausah khawatir wkwk.

Setelah SBMPTN kalo ga salah cuma jarak 1 minggu bakal ada SIMAK UI dan UTUL UGM. Nah Setelah SBMPTN itu INTEN tetep masuk, kita belajar buat persiapan SIMAK UI atau UTUL UGM dengan metode yang sama selama masa Intensif SBMPTN. Sebelum SBMPTN juga kita bakal 1 atau 2 kali TO SIMAK UI/UTUL UGM biar ga terlalu mendadak buat persiapan SIMAK/UTUL nya.



Tamabahan info : Gua denger kalo dari temen gua yang bimbel di beberapa lembaga besar yang lain, katanya mereka cuma dilayani sampe SIMAK UI/UTUL UGM aja, atau bahkan ada yang masa belajarnya cuma sampe SBMPTN. Tapi kalo INTEN bakal layanin sampe mandiri-mandiri yang lain, kaya IPB, UNAIR, UB atau mandiri PTN lainnya yang bahkan sampe bulan Juli atau Agustus. Jadi tenang aja kalo kamu belum beruntung di SBMPTN atau pun mandiri yang besar kaya SIMAK/UTUL, kamu bakal tetep di ladenin buat dapetin PTN lain :).
Kumpulan Soal Persiapan UM UNAIR

Kumpulan Soal Persiapan UM UB

Sekian info tentang Prosus INTEN, kalo ada yang mau tanya tanya boleh kok di comment :)

Comments

  1. Kalo boleh tau, biaya kakak daftar inten berapa ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kelas lulus sekitar 10jtan dek, dulu sih segitu. Mungkin sekarang beda-beda dikit

      Delete
    2. Serius bang 10jtan? Punya rincian harganya ga bang

      Delete
    3. Harganya kan sesuai sama gradenya ka, trs yg garansi sama non garansi juga beda

      Delete
    4. Kalau ditempat saya yg (garansi lulusnya) itu 19,5 , sedangkan yg grade c itu 23,5. Kalau (non garansi) lulusnya 12 , dan grade c nya itu 14,5 ka

      Delete
  2. Kak, aku skrng juga inten di bogor ips, trus aku tuh takut bgt soalnya guru2 inten pada bilang kalo mau ui to minimal 50 sedangkan to aku kisarannya cuma dr 39-43 gimana ya kak :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kalo dulu sih aku di Ipa cuma kisaran 30an, pas pindah IPS bisa 40-50an. Tapi tenang aja dek, rata-rata nanti pas intensif pada melonjak kok hasil TO nya, soalnya kalo intensif udah fokus disitu, ga kepikiran sekolah, ujian, dll

      Delete
  3. Kak dulu ngambilnya kelas jaminan ya? Kl kls reguler doang, bisa dpt intensif ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya kak, jadi bedanya reguler sama jaminan tuh kalo jaminan uangnya bakal kembali 100% kalau ga diterima di PTN, kalau reguler engga bakal balik uangnya dan jaminan lebih mahal bayarannya. Jadi kalo soal pelayanan semua sama kok mau jaminan sama reguler yang buat beda cuman dikembaliin apa engga uangnya

      Delete
    2. iya bener kaya gitu, dulu aku ga ambil jaminan, pelayanannya sama aja kok gada bedanya

      Delete
  4. kak aku tahun ini naik kelas 12. kira kira telat nggak ya kalo aku baru daftar inten sekarang? soalnya kemaren aku masi bimbang banget mau masuk bimbel mana dan aku sempet down juga karena rata rata rapot aku sempet turun gitu semester ini:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo telat denga relatif sih dek, tergantung dari Inten nya udah penuh atau belum, kalo belum ya berarti masih bisa daftar. Yang pasti masih belum terlambat buat belajar SBMPTN. Kalo nilai kamu turun juga itu bukan artinya jadi malas-malasan, malah justru tambah semangat buat SBMPTN, karena undangan udah kecil kemungkinannya, semangat!

      Delete
  5. Kak, bersedia ngejual buku2 bekas les di inten beserta soal2 nya ngga kak?heheh aku mau beliiii!!!:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Maaf sekali bukunya sudah digunakan oleh kerabat. Lebih baik mengikuti bimbel saja, agar lebih mudah memahami dan punya tempat untuk konsultasi juga, semangat!

      Delete

  6. Kak di kota aku gada bimbel inten, bisa ga sih abis un baru brangkat buat bimbel? Trus daftarnya jauh2 hari ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Setauku bisa daftar untuk setelah UN, khusus untuk persiapan SBMPTN dan Ujian Mandiri, namun untuk waktu pendaftarannya kurang tau, sebaiknya ditanyakan sejak awal semester 2 nanti

      Delete
    2. bantu jawab ya,

      Bisa kok bimbelnya habis UN. Hanya saja, kalau habis UN namanya program SuperIntensif. Jadi langsung drill soal-soal, tidak ada materi dasar.

      btw, kota nya mana ya?

      Delete
    3. Dikotaku jg ga ada inten, insyaallah selesai un bru brgkt buat bimbingan 😊

      Delete
  7. Salam dari prosus inten semarang angkatan 17 bang hahaha

    ReplyDelete
  8. Ka saya angkatan tahun ini yg gagal dpt sbmptn. Kalau saya ikut inten kira kira ada program khusus alumni gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ada, cuma untuk lebih jelasnya bisa tanya ke Inten nya langsung. Andai kata tcabang inten tertentu ga ada kelas alumni, bisa ikut kelas reguler juga kok setelah kuliah, temen saya ada yang begitu

      Delete
    2. @Nurul Lutfiyani kotanya mana ya?

      Setahu saya di Inten ada program Khusus Alumni. Coba saja langsung ditanyakan ke Cabang Terdekat.

      btw kotanya dimana?

      Delete
  9. Kak kalo mau masuk Akademi Kepolisian gitu, di inten bisa di arahkan ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, setau ku Inten cuma fokus untuk masuk ke PTN saja, untuk masuk akademi mungkin bisa dibantu dengan tambahan di luar kelas

      Delete
    2. *Bantu jawab* di Inten Surabaya ada kelas untuk akpol

      Delete
  10. Kak siswa akselerasi apa ada kelasnya di inten? Kalau misal ada tugas dari sekolah, apa bisa di bahas di inten?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di inten kelasnya dicampur kak, gak ada kelas khusus anak akselarasi.

      tugas sekolah bisa dibahas di Inten, pas tambahan.

      Delete
  11. Kak klo skrg pendaftaran inten masih buka gak ya buat intensif sbmptn?

    ReplyDelete
  12. Kak klo skrg pendaftaran inten masih buka gak ya buat intensif sbmptn?

    ReplyDelete
  13. Kak, aku lulusan thn 2017 yg gagal SBM thn ini dan berencana ikut bimbel Inten 2018. Kalau boleh tau, bisa gak kak aku daftar dari thn ini? Juga, utk program jaminan, apa bisa dicicil biayanya atau paling tidak dibayar DP dulu agar dapat kursi utk bimbel thn depan? Berapa ya kak biaya reguler dan program jaminan pas angkatan kakak?

    ReplyDelete
  14. kak inten disetiap tempat itu beda gk sih pengajarannya? kok ada yang inten yang favorite ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isu nya sih karena ada beberapa cabang yang pengajar nya lebih senior (lebih bagus). Cuma gatau itu karena kebetulan atau emang dari Inten nya sengaja membuat suatu cabang lebih baik dari yang lainnya

      Delete
  15. kak kalo program alumni gmna?bisa jelasin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya kalo tentang kelas alumni kurang tau, lebih baik ditanyakan langsung ke cabang inten terdekat :)

      Delete
  16. Hai kak, thanks buat info2nya nih. mau tanya aja nih kakk, aku kan ngambil IPA, tapi utk kimia dan matematika kls X dan XI ada beberapa materi yg aku bener2 buta bgt, kira2 bisa ga ya aku minta jam tambahan diluar jam belajar (kaya jam konsul gitu) utk belajar beberapa materi yg aku gabisa itu? makasih kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, janjian aja sama guru terkait. Biasanya jam konsul itu jam sebelum kelas, istirahat, dan setelah kelas ya

      Delete
  17. Kak pendaftaran.. D bukan kpn?? Klo bulan oktober november gtu ad?? Biaya nya jg berpa? Bukan kls lulus.. Yg biasa... Mhon d bles ya

    ReplyDelete
  18. Kak pendaftaran.. D bukan kpn?? Klo bulan oktober november gtu ad?? Biaya nya jg berpa? Bukan kls lulus.. Yg biasa... Mhon d bles ya

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. kak mau nanya dong, di Inten ada kelas intensif gitu gaa? maksudnya kelas yang baru dibuka setelah UN, kayak di BTA/ bimbel lain biasanya ada gituu kak.-. ada ga yaa kak? karna saya telat bgt kalau baru mau ikut sekarang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, banyak temenku yang ga inten, tapi masuk inten pas masa intensif nya

      Delete
    2. Kalau biaya intensifnya ajaa berapa ya kak kira2 nyaa?

      Delete
  21. Saya ingin masuk fkui tp to saya 17 -20 % masih bisa naik ngga yah ?

    ReplyDelete
  22. Kak. Berapa ya intensif diinten biayanya klo ambil program intensiv aja

    ReplyDelete
  23. Kak. Berapa ya intensif diinten biayanya klo ambil program intensiv aja

    ReplyDelete
  24. Ka kalau ikut inten setelah un bisa ngga yah? ,soalnya dilingkungan saya tdk ada inten jd bisa ikutnya hanya setelah un

    ReplyDelete
  25. Kak,
    Mohon info dari ke 4 inten yang sudah saya survey lokasi nya, menurut sepengetahuan kakak inten mana yang pengajarnya bagus dan enak :
    1. Inten - Kalimalang
    2. Inten - UNJ
    3. Inten - Tebet
    4. Inten Rawamangun
    Terima kasih ya Kak :)

    ReplyDelete
  26. Kak,
    Mohon info dari ke 4 inten yang sudah saya survey lokasi nya, menurut sepengetahuan kakak inten mana yang pengajarnya bagus dan enak :
    1. Inten - Kalimalang
    2. Inten - UNJ
    3. Inten - Tebet
    4. Inten Rawamangun
    Terima kasih ya Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari aku lebih recommend Inten Rawamangun

      Delete
  27. kak waktu bulan januari sampi un kakak diinten bljr yang buat ipa atau ips atau digabung kak? try outnya juga apa yg buat ipa aja atau ips aja.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku mostly belajar di kelas IPS, tapi aku tetep ikut kelas tambahan buat UN di kelas IPA tiap weekend

      Delete
  28. teruskak kakak kan dr ipa yg mau lintas jurusan. buku pegangan yg dikasih apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma pegangan dari buku inten dan catatan inten sama soal-soal tryout Inten. Kalo kamu ikut inten aku ga saranin kamu buat beli buku tambahan lagi kaya buku buku soal SBMPTN di gramedia atau sejenisnya, karena kalo kamu bener-bener ngerjain semua tugas inten you will have no time to read and study the other book. Pengalama pribadi aja, aku beli buku tambahan dan sampe aku keterima sbmptn sama sekali ga kesentuh hehe. But I do recommend you to buy buku kuning, aku lupa judulnya apa tapi itu buku saku kecil, isinya ringkasan materi IPS, aku pernah bahas buku itu di salah satu posting ku kalo ga salah

      Delete
    2. Buku (Menguasai IPS Sistem Kebut Semalam), benar gk kak?

      Delete
  29. ka cara daftar nya gimana yaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. datangi cabang inten terdekat dan minta ikut tes masuk

      Delete
  30. Ka, kalau mau bimbelnya pas habis un selama sebulan itu berapa biayanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah UN, bimbel setiap hari dari senin hingga sabtu, libur hanya hari minggu dan try out setiap jumat

      Delete
  31. Kak kalau ikut prosus inten 1 tahun berapa kak??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts