PROSUS INTEN IPA ---> IPS

Pasti banyak kan manusia manusia IPA yang pengen banget kuliahnya di bidang IPS, entah karena merasa bego, berubah minat, atau emang udah bosen aja sama IPA, pasti adaaa wkwk. Nah itu juga yang gua alami, gua anak IPA tapi pengen kuliahnya di IPS.

Sebelumnya, masuk PTN itu seenggaknya dari 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Kalo SNMPTN itu sebenernya bisa-bisa aja anak IPA ngambil IPS, karena ada beberapa universitas yang secara jelas membolehkan itu, contohnya UI. Karena itu di SNMPTN gua milih HI-UI aja. Tapi ga keterima wkwk. Itulah, jangan terlalu banyak berharap sama SNMPTN, just for info di sekolah gua ga ada satu pun anak IPA yang ngambil prodi IPS di SNMPTN yang keterima, tapi orang-orang yang ga "nyebrang" banyak banget yang keterima. Jalan yang bisa jadi pegangan buat manusia yang "nyebrang" ini emang di SBMPTN dan UM.

Untuk itu kan kita perlu belajar materi IPS buat SBMPTN. Gua saranin sih jangan abis UN belajarnya, takutnya mabok karena materinya super banyak tapi waktunya cuma dikit. Tapi kalo yakin bisa terserah sih. Kalo di Inten gua, rata-rata mulai Januari itu udah pindah ke kelas IPS.
Recommended buat rangkuman SBMPTN

Nah jadi gua dan beberapa temen gua yang pingin nyebrang mulai Januari pindah belajarnya ke kelas IPS. Respon dari anak IPS nya tergantung sih, ada yang open aja ada juga kaya yang "ngapain sih lu ngambil jatah gua" hahaha. Buat pindah ke IPS ini kita dikasih buku materi IPS gratis, ga perlu biaya tambahan lagi. Denger-denger dari temen gua sih kalo di tempat les lain kalo mau nyebrang ada biaya tambahan lagi, kalo di INTEN ga ada bayar lagi sepeser pun.

Yaudah gua dari Januari sampe Februari belajar les nya di kelas IPS. Dua minggu awal Maret kita bakal dapet buku lagi, namanya buku "Pra Intensif". Itu kaya semacam buku kumpulan soal SBMPTN dan SIMAK. Jadi di 2 minggu awal Maret itu kita udah mulai bahas soal ujian, gak cuma belajar biasa. Biasanya ditargetin satu kali pertemuan habis bahas satu paket soal. Oh iya btw sampe bulan Maret masih tetep ada TO sekali sebulan beserta TO At Home dan progressnya hehe. Yang beda ya sekarang gua TOnya IPS bukan IPA lagi.

Dua minggu akhir Maret masuk ke masa intensif UN. Di Intensif UN ini selama dua minggu kita bahas soal-soal UN, bukan SBMPTN hehe. Berhubung gua anak IPA, jadi di masa Intensif UN ini gua balik lagi ke kelas IPA selama 2 minggu. Di masa Intensif UN ini kita dapet buku lagi, buku "Intensif UN". Bukunya isinya soal-soal UN, kurang lebih metode belajarnya sama kaya Pra Intensif.

Btw, di INTEN Harapan Indah, sebenernya dari akhir Februari udah ada pembahasan soal-soal UN sih, ga cuma di masa Intensif UN aja. Biasanya diadakan kelas tambahan di hari Sabtu pagi sampe siang. Kelas ini juga gratisss. Jadi sebelum Intensif UN, gua hari Senin, Rabu, Jumat, belajar di kelas IPS, dan hari Sabtu nya ke Inten belajar buat UN IPA. Kelas ini ga bersifat wajib, boleh dateng boleh engga. Dan disini juga ga ada buku panduannya. Jadi lebih semacam kesepakatan aja mau bahas soal TO dari sekolah atau dari buku lain, atau juga bahas soal yang belum ngerti.

Setelah masa Intensif UN, INTEN libur di dua minggu awal April, untuk masa UN dan libur buat murid, istilahnya biar refreshing lah setelah UN. Libur ini berarti ga ada kelas, tapi kalo misalnya selama UN itu lu masih belom yakin, dan masih pingin nanya-nanya, boleh aja dateng ke INTEN buat bimbingan. Guru-gurunya tetep ada kok.

Setelah libur itu barulah kita memasuki INTENSIF SBMPTN hohoho, bagian ini yang paling menegangkan guys, dan akan gua bahas di posting selanjutnya

Comments

  1. kak buku2 bekas intennya masih dipake ga kak? kalau udah ga dipake bisa nih hibahin ke saya huhu._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry for late reply, bukunya sudah dipakai temenku. Daftar inten aja dek, testimoniku bagus kok, dapet banyak buku, dilayani dengan baik juga kok

      Delete
  2. kak katanya kalo mau masuk inten ada tesnya ya? hasil tesnya kayak gimana dan harus sebagus apa buat masuk? terus kalo anak ipa ikut kelas ips ada tesnya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo masuk inten benar ada tes nya, tapi setauku tesnya itu untuk menentukan kelas, bukan masalah keterima atau engga. Penentuan kamu keterima di inten atau engga itu lebih ke kuota murid di cabang itu aja. Kalo dari IPA pindah IPS ga ada tes, dan ga dipungut biaya tambahan

      Delete

Post a Comment

Popular Posts