Daftar PROSUS INTEN

Sebelumnya kan gua udah pernah cerita ya perjalanan SBMPTN Lintas Jurusan gua itu berawal dari Prosus INTEN ini, nah sekarang gua mau cerita awal gua masuk di INTEN.

Gua sekolah di SMAN 21 Jakarta, nah di sekolah gua itu mayoritas les nya kalo ga GO ya INTEN. Pas kelas 10 gua ga les sama sekali, karena emang gak pernah bimbel sebelumnya. Tapi kok begitu setengah jalan gua merasa gua butuh les. Nah sebelum kenaikan kelas 11 itu kalo ga salah GO pernah promosi ke sekolah gua, pokoknya presentasinya bagus banget, bikin orang tertarik buat masuk GO. Nah jadilah gua tertarik masuk GO.

Akhirnya gua daftar GO Harapan Indah buat kelas 11. Menurut gua GO itu emang udah bagus brandingnya, dia juga punya cabang dimana mana kan. Kayanya setiap pulau besar di Indonesia pasti ada GO nya. Nah selama kelas 11 ini gua les di GO jujur aja gua merasa kurang puas. Gua dapet kelas reguler yang anaknya banyak banget. Kenapa gua ga ngambil kelas yang lebih dikit, ya karena emang yang waktu itu available cuma reguler. Trus gua merasa guru GO itu kurang tegas, di GO itu boleh banget main hape, ga dimarahin. Siswa yang ga perhatiin juga ga ditegur, kuis juga jarang banget To juga jarang. Dari situ gua ngerasa suasana kelas ga mendukung banget. Di kelas gua itu cuma beberapa orang aja yang bisa tahan fokus sampe akhir kelas. Dan lagipula motto nya GO itu kan belajar yang menyenangkan, nah makanya saking menyenangkan jadinya ga terlalu serius. Tapi untuk fasilitas dan guru memadai banget kok, mau konsul dari pagi sampe sore, janjian dulu sama gurunya juga bisa, gratis. Gurunya juga mau kalo ngebantuin kita bikin tugas atau lagi mau ulangan.

Dari situ gua mikir bahwa nanti gua kelas 12 mau pindah les. Tapi gua gatau nih mau les apa. Akhirnya temen gua rekomendasi INTEN. setelah pikir-pikir dan rembuk juga sama orangtua, gua daftar inten. Gua sekitar bulan Maret 2015 daftar di Prosus INTEN Harapan Indah. Btw gua naik kelas 12 nya itu baru Juli 2015. INTEN emang gitu, daftarnya dari jauh-jauh, dan biasanya jauh-jauh juga itu udah penuh, terutama cabang Inten yang pusat kaya Rawamangun gitu.

Inten Harapan Indah


Beda sama GO, kalo di INTEN itu mau daftarnya aja harus tes dulu, buat nentuin kelas. Oh ya kalo info harganya emang relatif lebih mahal INTEN. Waktu kelas 11 itu gua daftar GO kelas Reguler sekitar 3 jutaan buat setahun. GO juga ada kelas mahalnya yang bisa ampe 20jt, kelas platinum kalo ga salah itu. Tapi kalo GO itu tarif kelasnya berdasarkan jumlah murid, jadi makin mahal jumlah anak di kelas itu makin dikit. Tapi ruginya adalah misal lo ambil kelas platinum, itu kalo ga salah 5 orang doang, nah kalo iya tingkat kecerdasan 5 orang itu sama, kalo beda pasti ga kondusif, yang pinter merasa kelamaan, yang bego ngerasa kecepetan.

Kalo di INTEN itu kelasnya dibagi jadi 4 tingkat, pertama kelas LULUS, yang kedua Grade A, lalu Grade B, dan Grade C. Penentuan kelasnya itu dari hasil tes pas daftar. Tes pas daftarnya itu cenderung kaya Tes IQ atau psikotes gitu, jadi ga perlu belajar dulu. Nah tiap kelas itu juga max 15, jumlahnya tergantung orang yang tes dan dapet di kelas itu. Misalnya, waktu itu gua dapet kelas LULUS, sekelas gua kebetulan 15 orang, sedangkan di Grade C kalo ga salah ga nyampe 10. Kalo bagi kelas berdasarkan hasil tes gini kan enak, kalo pinter ya sama sama pinter, bego ya sama sama bego wkwk, jadi gurunya juga lebih tau cara ngajarnya yang pas buat sekelas.

Kalo untuk biaya waktu itu sih kelas LULUS itu 10jtan buat sampe lulus tes mandiri PTN. Makin ke bawah kelasnya makin mahal, jadi Grade C itu paling mahal, gua lupa sih berapa, tapi selisihnya ga jauh beda kok ga nyampe 1jt tiap grade.

Kalo grade LULUS itu pas awal belajarnya cuma 2x seminggu. Sedangkan yang Grade itu langsung 3x seminggu. Kenapa lebih sering? Karena mereka dikasih materi tambahan buat istilahnya ngejar ketinggalan gitu. Tapi nanti setelah bulan Oktober kelas LULUS juga 3x seminggu. Btw kalo gasalah mulai belajar itu bulan Agustus.

Sebagai komparasi aja, ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan gua. Ini cuma berdasar dari Inten Harapan Indah dan GO Harapan Indah, mungkin aja di cabang lain berbeda. Kalo guru INTEN itu cenderung lebih banyak yang senior, dan mereka itu ga manjain murid, artinya kalo murid nanya dia harus cek dulu di catatan pas kelas ada ga, kalo ga ada baru diterangin, atau misalnya kurang jelas baru diterangin lagi. Sedangkan guru GO itu banyak yang muda, dan mereka mau banget bantuin murid, ga pake susah, minta kerjain soal-soal langsung juga bisa, kitanya tinggal nyimak aja, cenderung lebih memanjakan.

Udah segitu dulu, next post gua ceritain awal-awal belajar di INTEN

Comments

  1. wuih temen seperjuangan,saya cabang summarecon, semangat gan tonya untuk tgl 26, jan lupa kerjain progress jangan ngurus blog mulu wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, saya udah kuliah bro. Semangat lah To nya, sukses!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Yep . Bener. Gue les di GO ngerasain kayak gitu emang.

    ReplyDelete
  4. kak pas test masuk intens soal matematika dasarnya susah ga? aku mingdep mau test msuk nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test nya kaya psikotest, ga susah, cuma harus berpikir cepat aja, waktunya sedikit soalnya. Semangat ✊

      Delete
    2. Gak pake tes matematika dasar?, psikotes aja?, soalnya gue pas daftar 2016 tes nya matematika dasar

      Delete
    3. Psikotest itu termasuk matematika dasar

      Delete
  5. Kak kalau daftarnya juni/juli terlambata atau enggak ya? Biasanya tes masuknya bulan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung cabangnya dek, kalo emang peminatnya banyak, mungkin gabisa daftar lagi karena udah penuh. Kalo aku dulu daftarnya dari bulan maret

      Delete
  6. Kak, di Inten waktu semester 1 sdh ada program belajar utk sbmptn atau masih pelajaran smt 1 biasa? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari awal udah ditujukan untuk sbmptn dek, jadi mungkin pas semester 1 ada beberapa materi yang ga sesuai sama yang dipelajari di sekolah

      Delete
  7. Kak, di Inten waktu semester 1 sdh ada program belajar utk sbmptn atau masih pelajaran smt 1 biasa? Terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Kak di inten itu terjamin gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terjamin masuk PTN maksudnya? Tergantung pribadi masing-masing dek, dari kemauan belajar muridnya juga yang lebih menentukan

      Delete
  9. Kak di inten itu terjamin gak?

    ReplyDelete
  10. Kak kan katanya di inten harganya 10 jtan nah itu bisa dicicil atau harus bayar tunai? Terus pas tes masuknya itu bayar biaya tes dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicicil dek via transfer, sebelum tes tidak ada biaya apa pun, biaya ditentukan setelah hasil tes keluar

      Delete
  11. Kak di inten bisa jamin masuk ikatan dinas gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. INTEN lebih fokus untuk SBMPTN dan UM PTN dek, jadi lebih ke Universitas atau Institut Negeri. Tapi kalo mau masuk STAN atau STIS bisa minta konsultasi waktu tambahan sama gurunya

      Delete
  12. ka aku mau nanya ada perbedaan ga antara yg program garansi sm non garansi?

    ReplyDelete
  13. Ada info untuk persiapan SBMPTN 2018 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau untuk info terbaru, tapi saya sarankan mengikuti bimbel dan rajin cek OA LINE seperti Info 3 SMA, Halo Kampus, atau akun sejenisnya

      Delete
    2. kak, share OA Line" itu dong. gapernah ketemu

      Delete
  14. halo kak mau tanya, kalau program ronin (untuk alumni sma yg ngulang tahun depan) di inten, ada ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ada, untuk lebih pastinya bisa kontak langsung ke cabang Inten terdekat ya

      Delete
  15. Kak, kira2 kalo aku daftar sekarang yang cabang tebet, udah penuh belom ya? Daya tampung prosus inten tuh sedikit ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa udah penuh dek. Sebenernya bukan daya tampung yang kecil, cuma mereka udah buka pendaftaran sejak awal tahun biasanya, jadi udah banyak juga yang daftar duluan

      Delete
  16. Kak, tes matdas inten harus pake cara nggak? Terus jawabannya ada pilihannya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dinilai caranya, hanya jawaban akhir dan pilihan ganda

      Delete
  17. kak intens yg di sambas apa msh bisa daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu dek, silakan kontak ke cabang inten nya langsung ya

      Delete
  18. Kak kalo utk yg dh lulus trs mau ikut sbmptn bisa? Saran ny bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kamu ga kuliah, ikut les di inten lagi aja gapapa, prepare buat tahun depan, tapi kalo kamu kuliah (swasta misalnya), kalo bisa bagi waktu sebaiknya ikut les, tapi kalo ga sempat ya les private atau belajar sendiri aja

      Delete
  19. Halo ingin tanya dong, denger2 klo gagal masuk PTN pihak inten akan ngembaliin duit bimbelnya ya? Betul atau tidak?

    ReplyDelete
  20. Ka maaf mau tanya contoh nya tes matematika dasar nya gimana ya? Soalnya kaya gmn gitu

    ReplyDelete
  21. Iya kak contohin soalnya dong kak

    ReplyDelete
  22. kak harga Grade A-C berapa ya sekira2nya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts