Belajar di Inten! (KBM, Kuis, TO, Progress)

Di post-post sebelumnya kan gua udah pernah cerita tentang bagaimana daftar prosus inten dan review inten secara overall. Nah sekarang gua mau cerita tentang proses belajarnya disana.

Seinget gua sih waktu itu pertama belajar bulan Agustus. Kan gua masuk di kelas Lulus, jadi sampe bulan September cuma dua kali pertemuan setiap minggunya, waktu itu gua ambil yang Senin Rabu. Sedangkan kalo kelas yang Grade A atau B atau C itu udah langsung 3 kali seminggu. Mereka dapet pertemuan lebih banyak buat istilahnya matrikulasi, kaya semacam materi dasar buat ngejar ketinggalan.

Belajar di Inten itu cenderung lebih banyak ngerjain sih, dibanding pengalaman gua di GO yang kebanyakan cuma ngeliatin gurunya jelasin sama ngerjain soal. Hampir tiap pertemuan ada kuis. Kuis itu kaya latihan soal yang sekitar 10-15 nomer, sesuai dengan materi yang baru aja dipelajari. Trus hasil kuisnya ini biasanya juga dipajang di papan, jadi kita bisa tau hasil kuis kita gimana.

Satu lagi yang penting di Inten itu ga boleh telat! Maksimal keterlambatan 15 menit, lewat dari itu, ga bakal sungkan guru buat nolak lu masuk kelas. Jam belajar di Inten normal kaya les lainnya, sesi pertama 16.30-18.00 trus sesi kedua 18.30-20.00. Nah biasanya pas udah jam kedua ini mulai ngantuk hehe.

Kaya yang udah gua bilang sebelumnya. Guru Inten bisa dibilang cenderung lebih "kejam" sih wkwk. Mereka ga bakal ngasih tau kita cara ngerjain suatu soal kecuali kita udah coba ngerjain dan udah ubek-ubek catetan. Kuis yang dikerjain juga bakal dikasih tau cara ngejainnya pas kita udah selesai. Jadi dibahas belakangan. Mereka kaya semacam nyuruh kita usaha dulu.


Setelah bulan Oktober kelas Lulus masuknya juga 3 x seminggu, jadi gua waktu itu masuk Senin Rabu Jumat. Semua kelas masuk 3x seminggu.

Sebelumnya gua mau bilang kalo INTEN itu fokusnya biar kita lulus SBMPTN dan Tes Mandiri buat masuk PTN. Jadi selama kurang lebih satu tahun itu kita belajar materi yang buat SBMPTN, kalo yang dipelajari kadang ga nyambung sama materi di sekolah ya wajar aja, karena mereka programnya lebih ke SBMPTN nya

Sekarang gua mau bahas TO. Jadi di INTEN ini setiap bulan, di minggu terakhir bakal ada yang namanya TO. TO ini formatnya kaya SBMPTN, tapi materinya berdasar dari apa yang udah dipelajari aja, jadi semakin lama materinya bakal nambah. Dari Agustus sampe Maret kita bakal TO terus sebulan sekali. Sedangkan nanti pas April-Mei itu ada program intensif yang polanya beda lagi.

SOAL TO TKPA

Dalam proses TO ini ada yang namanya At Home dan Progress. Dua makhluk ini nih yang bikin orang males masuk Inten wkwk. Karena bikin tugas tambah banyak. Biasanya orang yang kaya gini, dan emang kenyataan dari teman-teman gua sendiri, mereka les di GO dulu, baru nanti pas intensif mereka pindah INTEN. Biar gimana, Inten itu lebih mendidik walaupun berat hohoho

Jadi apa sih itu At Home dan Progress??? Jadi nih ya tiap kita TO itu sebenernya kita ngerjain soal yang sama 3x. Jadi gini misal TO bulan Agustus. Pas TO itu kita di INTEN nya langsung, ya kaya TO umumnya ga boleh nyontek atau nanya-nanya. Nah setelah itu kita TO At Home, soal yang sama kita bawa pulang dan kita kerjain, kita dikasih waktu 1 minggu buat ngerjain itu. Kalo TO At Home ini kita boleh liat catetan atau buku INTEN tapi ga boleh nanya temen atau guru. Nantinya hasil TO sama At Home bakal dipajang di Inten, harusnya sih At Home nilainya lebih bagus.

Trus gimana kalo misalnya udah At Home tapi masih ga bisa ngerjain sebagian soal? Nah Progress inilah solusinya. Jadi kita bakal disuruh buat punya buku tebel ukuran polio yang kaya buat akuntansi itu. Disitu kita suruh tempel soal-soal TO trus kita kerjain pake rumus/cara nya di sebelahnya. Nah ini semuanya harus keisi, bodo amat ngerti apa ga ngerti, kalo ga ngerti kudu banget nanya sama gurunya di luar jam pelajaran biar keisi. Atau kadang kalo males bisa nyontek progress punya temen wkwk. Intinya sih disini, INTEN pingin biar muridnya itu ngerti semua soal, atau at least kalo tetep ga ngerti, mereka pernah tau cara ngerjain semua soal di TO itu.

Kalo kita udah selesai progress, udah semua soal TO dikerjain, kita bisa minta tanda tangan dari guru setiap mapel. Jadi selama TO itu kita bakal punya kartu seukuran A4 yang isinya tanda tangan guru dan ortu. Kartu ini bakal jadi syarat mutlak buat ngikutin TO selanjutnya. Jadi misal tadi kita udah selesai progress Agustus, kita harus dapet tanda tangan dari guru setiap mapel + tanda tangan ortu buat ikut TO September. Kalo ga full tanda tangannya ga bakal boleh ikut TO September. Ini nih yang kadang bikin pusing, karena ga semua guru ada tiap hari, jadi kadang kita mesti nyusun jadwal ke Inten cuma buat dapet tanda tangan. Misal kan gua les tiap Senin Rabu Jumat, nah tapi kebetulan guru yang gua butuh tanda tangannya ini adanya hari Selasa, mau ga mau gua harus ke Inten hari Selasa buat dapet tanda tangan guru itu.
SOAL TO SOSHUM

Gimana ribet kan? Wkwkwk awalnya emang gitu kokk, tapi nanti kalo udah lama biasa aja, malah seru, kadang harus semacam ngejar guru bareng temen buat dapet tanda tangan hehehe.

Itulah kiranya gimana belajar di Inten hohoho

BTW kan waktu itu gua bilang gua pindah dari IPA ke IPS, gua pindah pas Januari, jadi sejak Januari gua tetep di hari yang sama cuma kelasnya di kelas IPS. Dan sejak TO ke 5 (Desember) gua udah ambil TO IPS. Ga ada perubahan lain, the rest are the same. Kalo masalah buku, itu bakal dikasih gratis. Jadi lu ga bakal dimintain uang tambahan buat dapet buku Inten yang IPS. Jadi gua punya buku Inten yang IPA dan IPS hehe

Di Post selanjutnya gua bakal bahas Pra Intensif, Fokus UN, dan Intensif

Comments

  1. Untuk biaya sbmptn nya doang brpa yaa?

    ReplyDelete
  2. Iya... Untuk sbmptn doang bisa ga di prosus inten?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts