SBMPTN Lintas Jurusan

Di post Intro kan udah dijelasin yah gua masuk ke Ilmu Komunikasi UGM. Nah perjuangan masuk ke sini itu panjang, termasuk salah satunya harus SBMPTN Lintas Jurusan hehe

Oke, jadi pas awal mau masuk SMA itu gua milih IPA. Berhubung pada saat itu adalah kurikulum 2013 yang penjurusannya itu dari awal kelas 10, maka gua belom ada bayangan apa-apa pada saat itu. Manut aja sama ortu masuk IPA, kan katanya "IPA bisa kemana aja" nantinya. Walau sebenernya pas kelas 10 belum jelas si minatnya apa, tapi emang jalur paling aman itu ya masuk IPA.

Dari awal kelas 10 sampe 11 semester 1 gua berubah-ubah minat, dari HI, Teknik Industri, Psikologi, Sastra Perancis, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, sampe Sistem Informasi. Nahkan masih bimbang tuh ke bidang yang eksak atau sosial. Secara nilai sih gak jauh beda antara mata pelajaran yang IPA sama yang IPS (Kurikulum 2013 bisa lintas minat, jadi gua juga ambil pelajaran IPS). Cuma belom jelas aja minatnya.

Sampe pas sekitar bulan November 2014 itu kalo ga salah ada BKUI. BKUI itu Bedah Kampus punya UI, gua ikut acara ini. Menurut gua penting sih ikut acara semacam ini, seenggaknya biar ada pandangan jurusan di kuliah itu apa aja dan belajarnya apa. Ikut BKUI juga dikasih buku yang berisi profil semua jurusan yang ada di UI. Kenapa UI? Karena gua sekolah di Jakarta dan yang bagus dan dekat emang UI. Buat yang kelas 2 atau 3 SMA gua saranin sih ikut aja acara semacam ini, Unpad kalo gasalah ngadain Bedah Kampus juga. Walaupun misalnya ga minat ke UI tapi seenggaknya kita punya bayangan untuk milih jurusan nantinya.

Nah dari situ gua tertarik dengan jurusan Hubungan Internasional. Menurut gua ya keren aja gitu kan diplomat, cas cis cus bahasa asing, dan kerjanya juga bisa kemana mana. Dari situ gua udah mulai sadar minat gua di IPS. Karena gua udah terlanjur IPA ya jalan satu-satunya sih masuk PTN nya lewat jalur tulis, salah satunya SBMPTN.

FYI aja, sebenernya kaya UI dan univ lain ada yang membolehkan anak IPA untuk daftar jalur undangan di prodi IPS, tapi jarang banget yang berhasil. Sekolah gua SMA 21 lumayan terkenal bagus di Jakarta, termasuk 10 besar negri lah. Dan anak-anak IPA yang rank angkatan yang ngambil undangan IPS ga ada satupun yang keterima. Sedangkan yang tetep ngambil IPA banyak yang keterima. Jadi ya emang kalo mau lintas jurusan jangan banyak berharap di undangan, even though kamu merasa nilai rapornya bagus.

Nah pas masuk kelas 3, setelah diskusi dengan ortu juga, gua udah kekeh mau SBMPTNnya IPS. Oleh karena itu gua masuk bimbel INTEN, kenapa INTEN nanti akan gua jelaskan. Di Inten itu setiap murid akan punya walikelas, nah walikelas ini yang bakal bantuin kita milih jurusan, memantau hasil TO kita, dan ngatur strategi milih universitas dan jurusan. Singkatnya gua diprogram kan untuk selama semester 1 ikut di kelas IPA dan mulai Januari (Semester 2) pindah ke kelas IPS. Dan di Inten itu yang pindah ke IPS ga dikit kok, banyak juga.

Banyak orang yang bilang kalo pindah jurusan entar aja abis UN ambil intensif IPS. Ya kalo kamu merasa kuat sih gapapa. Tapi inget lho itu waktunya cuma 1,5 bulan dan harus belajar pelajaran IPS 3 tahun, ya bisa mabok kalo gua mah. Lagian sih kalo emang kita ngincer prodi IPS gua saranin ya sejak Januari belajar IPS dan ikut TO IPS itu udah bagus. Pasti banyak yang mikir "entar pelajaran IPAnya gimana?" ya kalo gua sih ga terlalu peduli hehe. Toh entar juga pasti lulus kok, gausah target nilai IPA bagus disekolah, cukup lulus KKM aja, sisanya fokus ke IPS. Jujur aja nilai UN IPA gua ga terlalu bagus kok, US nya juga ga jauh beda, tapi gua bisa dapet UGM kan? Karena yang orang tanya saat lulus SMA juga "kamu keterima dimana" bukan "UN mu berapa". Gituuu

Dan juga kalo udah masuk INTEN gausah beli buku Sukses SBMPTN yang di Gramedia yang tebel-tebel itu, ga bakal sempet ngerjain wkwk. Inten udah banyak ngasih buku nantinya dan juga tugas-tugas yang bejibun. Pengalaman aja sih, gua beli buku Sukses SBMPTN SOSHUM 2016 yang tebel banget, dan sampe pengumuman SBMPTN ujung-ujungnya buku itu ga kepake. Buku dari INTEN pun juga ga full semuanya ke isi.

Tapi tetep percaya diri aja, walaupun dari IPA, SBMPTN IPS pasti bisa juga kokk :)

Mengenai kenapa harus pilih Inten, cara belajar di Inten, dan pengalaman di Inten akan gua share di next post yaa

Comments

  1. Klo IPS ke IPA bisa ga kak? Soalnya aku mau msuk Sistem Informasi 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo SNMPTN ga bisa dek, kalo SBMPTN mah bisa aja, asal kamu belajar IPA, panitianya ga peduli kok kamu di SMAnya IPA apa IPS hehe

      Delete
  2. kakk waktu sbm ngerjain berapa soal? minta tips dong kak hehe aku juga dari ipa dan ngambil sbm komunikasi ugm, tapi masih payah banget di ekonomi😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts